Warung Bebas

Thursday, July 12, 2012

Tentang Ketombe, Penyebab dan Pengobatannya

Tentang Ketombe, Penyebab dan Pengobatannya
Tentang Ketombe, Penyebab dan Pengobatannya - Apakah anda melihat serpihan berwarna kuning atau putih di bahu Anda atau di rambut Anda. Mereka adalah tanda-tanda ketombe. Ketombe sebenarnya adalah sel-sel kulit mati yang jatuh dari kulit kepala Anda. Bila Anda memiliki ketombe, kulit kepala Anda mungkin terlihat bersisik atau merah dan terasa gatal. Menggaruk atau menggosok kepala Anda membuat ketombe akan rontok dan berjatuhan. Anda mungkin melihat lebih banyak lagi ketika Anda mengenakan atasan berwarna gelap. Nah, jika dalam tips kesehatan sebelumnya kenzoo hadirkan Tips mengatasi Rambut Bercabang, maka kali ini kenzoo mencoba mengulas tentang ketombe, penyebab dan cara pengobatan yang bisa anda lakukan.

Perawatan Rambut Yang Salah
Ketombe tidak berarti Anda memiliki rambut kotor, tetapi cara Anda menata rambut atau produk yang Anda gunakan dapat menyebabkan kulit kepala terkelupas. Beberapa pewarna rambut dan produk penataan rambut dapat meninggalkan residu, bersisik kering atau memicu reaksi kulit yang terlihat seperti ketombe. Jika Anda sudah memiliki ketombe, tidak mencuci rambut Anda cukup dapat membuat ketombe Anda terlihat buruk karena sel-sel kulit mati semaikin banyak. Anda mungkin ingin mencoba produk rambut yang berbeda untuk melihat apakah mereka membantu Anda membersihkan ketombe.

Ketombe Dapat Berada di Tempat Lain
Anda bisa mendapatkan ketombe pada bagian tubuh Anda selain kulit kepala Anda seperti dahi, alis, bulu mata, atau telinga. Kulit terkelupas di dada Anda atau di mana pun Anda memiliki rambut yang tubuh bisa menjadi tanda ketombe, yang merupakan bentuk ringan dari dermatitis seboroik. Jika kulit pada tubuh Anda berminyak atau memiliki warna sedikit kemerahan juga bisa menjadi tanda ketombe. Bicarakan dengan dokter tentang cara pengobatannya.

Cuci Kulit Kepala
Shampoo khusus dari toko obat dapat mengobati ketombe. Bahan umum yang terkandung dalam shampo tersebut antara lain:
1. Ketokonazol melawan ketombe penyebab jamur.
2. Asam salisilat menghilangkan kulit terkelupas tetapi dapat membuat kering.
3. Selenium sulfida memperlambat penumpukan sel kulit mati dan jamur perkelahian.
4. Tar memperlambat penumpukan sel kulit mati dan juga menghitamkan rambut.
5. Seng pyrithione menyerang jamur yang dapat menyebabkan ketombe.

Perawatan Dari Alam
Beberapa penelitian mendukung perawatan ini ketombe alam, tetapi tidak ada bukti mereka bekerja secara konsisten.
1. Lidah Buaya. Menggunakan lidah buaya pada kulit kepala dapat membantu mengurangi rasa gatal.
2. Minyak pohon teh. Menggunakan shampoo minyak pohon teh 5% dapat mengurangi ketombe dan gatal.
3. Serai. Cuci dengan sampo serai 2% dapat membantu melawan jamur yang menyebabkan ketombe.

Tips Keramas
Ikuti petunjuk pada label sampo ketombe. Menggunakan bantalan jari Anda, gosok dengan lembut shampoo ke kulit kepala Anda. Tinggalkan shampo di kepala Anda selama lima menit sebelum Anda membilasnya. Jika Anda lebih suka bau sampo dan kondisioner normal Anda, Anda dapat menggunakan sesudahnya. Gunakan sampo ketombe hanya sekali atau dua kali seminggu.

Sinar Matahari
Luangkan sedikit waktu di bawah sinar matahari untuk melawan ketombe. Sinar matahari membantu menekan jamur yang menyebabkan ketombe dan seborrheic dermatitis. Hanya pastikan untuk melindungi kulit tubuh Anda dengan mengenakan tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi. Dan biarkan kulit kepala anda terkena sinar matahari.

Kunjungi Dokter Anda
Jika Anda telah menggunakan shampo ketombe selama beberapa minggu tetapi masih memiliki ketombe, mungkin sudah saatnya ke dokter. Anda juga harus ke dokter jika kulit kepala Anda mengalami bengkak atau merah, atau jika Anda memiliki ruam, merah bersisik pada bagian lain dari tubuh Anda. Anda mungkin perlu resep sampo ketombe, produk anti jamur, atau krim steroid untuk kulit kepala atau bagian lain dari tubuh Anda.

Apa Penyebab Ketombe?
Tidak ada yang benar-benar yakin apa yang menyebabkan ketombe. Ini mungkin disebabkan oleh jamur. Folikel rambut dan kelenjar minyak yang disebut sebum, yang mungkin menjadi tempat berkembang biak bagi ragi atau jamur. Jamur ini biasanya hidup pada kulit Anda, tetapi jamur terlalu banyak dapat menyebabkan ketombe. Sebum terlalu banyak juga dapat menyebabkan ketombe. Tidak minum cukup air atau sedang terkena banyak udara kering dapat menyebabkan kulit mengering dan mengelupas, yang dapat terlihat seperti ketombe.

Pemicu Ketombe
Ketombe cenderung lebih buruk selama bulan-bulan kering. Dingin, musim dingin cuaca kering khususnya dapat membuat ketombe lebih buruk. Stres atau kelelahan bisa memicu atau memperburuk juga.

Kondisi yang Menyebabkan kulit kepala Flaky
Masalah kulit seperti jerawat, eksim psoriasis, dan dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada kulit kepala. Beberapa orang dengan masalah medis serius seperti epilepsi, penyakit Parkinson, dan HIV rentan untuk mengalami dan mempunyai ketombe. Dan untuk alasan yang tidak jelas, orang yang baru sembuh dari cedera, stroke serangan jantung juga lebih cenderung memiliki ketombe.

Ketombe penipu
Kadang-kadang apa yang tampak seperti ketombe dapat menjadi kondisi yang sama sekali berbeda. Kutu gatal di kepala dan bertelur yang terlihat seperti ketombe, tapi mereka lebih sulit melepaskan diri. Atau kulit kepala bisa gatal dari kurap, jamur yang menyebabkan ketombe. Dengan kurap, Anda mungkin juga mengalami kerontokan rambut dan melepuh pada daerah bersisik di kulit kepala Anda

Bayi dan Cap Cradle
Bila bayi memiliki dermatitis seboroik, ini disebut cradle cap. Biasanya berwarna coklat atau kuning dan terasa gatal. Ini biasanya terjadi pada kulit kulit kepala bayi, kelopak mata, hidung, dan daerah pangkal paha. Cradle cap biasanya akan hilang dengan sendirinya pada saat bayi berusia 8 sampai 12 bulan. Cobalah mengusapkan minyak mineral atau nabati pada kulit kepala bayi selama 10 menit, lalu cuci dengan sampo bayi yang lembut. Bicarakan dengan dokter jika tidak terjadi perubahan.

Ketombe: Berbahayakah?
Meskipun memiliki ketombe bisa memalukan, itu tidak berbahaya. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak bersih dan ini tidak menular: Anda tidak dapat menangkapnya atau memberikannya kepada orang lain. Ketombe tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok, tetapi menggaruk kulit kepala yang berlebihan bisa menyebabkan rambut rontok.

Nah, itulah tadi tips kesehatan kali ini Tentang Ketombe, Penyebab dan Pengobatannya yang bisa kenzoo share buat para sahabat. Semoga bisa bermanfaat.

0 comments em “Tentang Ketombe, Penyebab dan Pengobatannya”

Post a Comment