Warung Bebas

Saturday, September 22, 2012

Tips Kesehatan Bagi Penderita Asam Urat

Tips Kesehatan Bagi Penderita Asam Urat
Kenzoo - Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Penyakit yang biasa terjadi pada persendian yang terasa lini ini merupakan jenis artristik yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian. Dan seperti kita ketahui, makanan yang bisa menyebabkan penyakit ini semakin bertambah parah adalah makanan jenis kacang-kacangan. Jika dalam artikel sebelumnya kenzoo pernah bagikan tentang Asam Urat Dan Pencegahannya, maka pada kesempatan kali ini, Kenzoo akan mengulas lagi beberapa Tips Kesehatan Bagi Penderita Asam Urat dan juga pencegahan apa yang bisa anda lakukan sehingga anda akan semakin yakin dengan diet yang harus anda jalani.

Rasa nyeri dan linu yang menyerang persendian terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh, dan persendian yang paling banyak mendapati serangan penyakit ini adalah jari kaki, tumit, pergelangan tangan, jari tangan, siku dan juga dengkul. Selain rasa nyeri, terkadang seni yang terasa sakit bisa berubah menjadi bengkak dan muncul radang dan panas. Menghindari makanan dengan dengan kandungan purin tinggi agaknya masih menjadi tips kesehatan yang terbaik bagi penderita asam urat meskipun masing-masing penderita memiliki sensivitas yang berbeda. Selain itu penderita perlu memperhatikan konsumsi obat tertentu.

Untuk jenis dan contoh makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi adalah semua jenis makanan yang berasal dari bahan seperti : kacang-kacangan seperti buncis, kapri, mlino dan juga kedelai. Selain itu, tongkol, tengiri, bandeng, daging sapi, daging ayam, bayam, kembang kol dan juga touge. Meski beberapa makanan sehat ini mengandung protein yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, namun bagi penderita asam urat sebaiknya mengontrol dalam mengkonsumsinya.Selain beberapa makanan sehat yang kenzoo sebutkan diatas, asih ada beberapa makanan lain yang kurang cocok begi penderita asam urat seperti : ikan teri, jeroan, telur ikan, kaldu, alkohol dan makanan yang diawetkan lainnya.

Meski sekarang ini banyak ditemukan anak muda yang sudah mengalami penyakit asam urat, namun kebanyakan penyakit ini ditemukan pada orang yang  mempunyai berat badan lebih dan bila penyakit ini dibiarkan bisa mengakibatkan gangguan pada ginjal seperti pernah kenzoo ulas pada posting sebelumnya bahwa Asam Urat Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal. Ini bisa terjadi karena sekitar 90 persen penyakit asam urat terjadi karena ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas melalui air seni. Dan pada akhirnya, penderita asam urat wajib menjalani beberapa diet makanan.

Berikut ini ada beberapa tips kesehatan yang bisa anda terapkan dalam konsumsi makanan :

Konsumsi makanan yang berkabohodrat tinggi
Karbohidrat bisa anda dapatkan dari singkong, nasi, roti dan ubi yang merupakan makanan sehat bagi penderita asam urat, karena makanan ini akan membantu mengeluarkan kandungan asam urat yang berlebih melalui air seni. Dan sebaiknya konsumsi karbohidrat tidak kurang dari 100 gram perhari. Selain itu, untuk jenis karbohidrat jenis fruktosa seperti gula, permen dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa kaan meningklatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Sesuaikan kebutuhan kalori dalam tubuh
Kebutuhan kalori dalam tubuh harus disesuaikan dengan berdasarkan pada tinggi dan berat badan. Bagi penderita asam urat yang kelebuhan berat badan, menjalani program diet merupakan tips kesehatan yang sangat dianjurkan dengan tetap memperhatikan jumlah asupan kalori dalam tubuh. Sedangkan asupan kalori yang terlalu sedikit juga akan meningkatkan asam urat dikarenakan adanya keton bodies yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui air seni. Jadi harus benar benar seimbang.

Rendah Lemak
Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Konsumsi lemak yang baik bagi penderita asam urat adalah 15 persen dari total kalori. Hindari makanan yang digoreng, bersantan dan juga mentega, karena ini merupakan makanan dengan jenis lemak tinggi.

Rendah Protein
Seperti dijelaskan diatas bahwa protein dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sumber makanan yang mengandung protein hewani dengan jumlah tinggi misalnya hati, ginjal, otak, paru dan limpa. Untuk asupan yang dianjurkan pagi penderita asam urat sebesar 50/70 gram per hari atau 0.8-1 gram/kg berat badan per hari. Sedangkan sumber protein yang bisa dikonsumsi adalah protein nabati yang bisa didapat dari susu, keju dan telur.

Konsumsi Cairan Yang Tinggi.
Dengan mengkonsumsi cairan yang banyak, dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Karena itu, mengkonsumsi minimal 2,5 liter air dalam sehari menjadi tips kesehatan yang sangat dianjurkan bagi penderita asam urat. Selain dari minuman, cairan bisa didapat dari buah-buahan segar seperti melon, semangka, blewah, jambu air dan belimbing manis. Sedangkan untuk jenis buah-buahan yang perlu dihindari adalah durian dan alpukat, karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

Nah, itulah tadi sedikit Tips Kesehatan Bagi Penderita Asam Urat yang bisa Kenzoo bagikan bagi anda para sahabat. Semoga bermanfaat.

0 comments em “Tips Kesehatan Bagi Penderita Asam Urat”

Post a Comment