Warung Bebas

Thursday, October 4, 2012

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik
Kenzoo - Mendapatkan kualitas tidur yang baik merupakan salah satu alasan bagi setiap orang yang selama ini sedang menjalani beberapa tips kesehatan yang telah direkomendasikan para ahi. Karena dengan kualitas tidur yang bagus akan menjaga kesehatan tubuh dan menjadikan tubuh tetap tampil prima. Namun, banyak orang yang mengabaikan hal-hal kecil yang sebenarnya mampu memberikan kontribusi yang besar bagi kualitas tidur anda. Seperti yang pernah kenzoo jelaskan pada posting sebelumnya bahwa banyak faktor yang bisa menyebabkan orang terganggu kesehatannya karena mendapatkan kualitas tidur yang buruk. Seperti contohnya adalah Depresi Karena Kurang Tidur.

Salah satu Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik yang kenzoo berikan kali ini adalah dengan pemilihan bantal yang tepat. Sebelum kita memulai lebih lanjut ulasan kali ini, sebaiknya anda ketahui bahwa bantal tidak hanya membantu memberikan kualitas tidur yang baik, namun juga bisa memberikan dampak kesehatan bagi tubuh yang sedang beristirahat. Sebaliknya, penggunaan bantal yang buruk justru akan menambah catatan gangguan kesehatan anda seperti contohnya sakit kepala, sakit leher, bahu dan lengan mati rasa, ketidaknyamanan, bersin atau gangguan pernapasan, mengi atau bisa juga Sleep Paralisys/Ketindian.

Terlebih jika bantal yang anda gunakan termasuk bantal yang sudah usang, karena ini bisa saja dimungkinkan telah mengandung berbagai macam virus dan bakteri yang siap mengancam kesehatan anda. Bantal yang telah usang bisa saja mengandung bakteri penyebab jamur dan juga debu yang bisa menggangu pernapasan anda. Lalu, kapan sebaiknya anda mengganti bantal anda dengan bantal yang baru? Para ahli kesehatan merekomendasikan bahwa aturan umum penggantian bantal adalah setiap 12 sampai 18 bulan. Untuk bantal yang sudah digunakan selama 2 tahun harus sudah benar-banar di ganti dengan bantal yang baru.

Sebelum Anda membeli bantal baru yang akan anda gunakan sebagai Cara Meningkatkan Kualitas tidur Yang Baik, sebaiknya pikirkan dahulu tentang bagaimana posisi tidur anda. Tujuan dari menggunakan bantal adalah untuk membantu menjaga kepala Anda dengan apa yang disebut 'kesejajaran netral,' yang berarti kepala Anda berada tepat sejajar dengan bahu tanpa harus membungkukkan punggung terlalu jauh.

Beberapa ahli menyarankan, Jika Anda tidur telentang, disarankan anda menggunakan bantal yang tipis, sehingga kepala anda tidak terlalu jauh ke depan. Usahakan anda menggunakan bantal yang mempunyai tambahan di sepertiga bagian bawah bantal untuk menyangga leher Anda. lalu, jika Anda tidur miring, para ahli menyarankan  untuk menggunakan bantal yang lebih tinggi untuk mennyangga dan mengisi jarak antara telinga dan bahu luar.

Memilih Bantal.

Bantal yang paling umum digunakan adalah bantal yang terbuat dari kapas, kombinasi bulu, busa atau fiberfill poliester. Busa dan lateks telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir ini, khususnya bagi mereka yang mencari dukungan tambahan pada bagian leher.

Lalu bantal apa yang pantas untuk anda gunakan sebagai penyangga kepala anda? Jawabannya adalah tergantung pada bagaimana anda merasakan gangguan pada kesehatan tubuh anda terkait dengan cara anda tidur. Dan kebanyakan orang memiliki lebih dari satu jenis bantal dalam usahanya mencari Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik, karena bantal melayani beberapa tujuan. Misalnya, Anda mungkin ingin bantal untuk mendukung leher anda jika leher anda terasa sakit pada suatu hari. Tapi begitu leher anda sudah terasa baik lagi, anda mungkin tidak menggunakan bantal yang sama.

Berikut ini adalah beberapa contoh bahan isian bantal :

Foam: Cobalah untuk memperhatikan kepadatannya karena, Semakin tinggi kepadatan, resiko kerusakan akan semakin sedikit.

Busa: Jenis bantal dari bahan ini sedang populer karena mereka mampu mengurangi titik-titik tekanan dengan pencetakan terus menerus dan menyesuaikan dengan bentuk tubuh Anda saat Anda bergerak sepanjang malam. Bantal busa tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk bentuk S-populer berkontur, yang dimaksudkan untuk mendukung leher.

Lateks: Ini adalah jenis firmest bantal, dan bahan ini mampu menolak jamur dan debu. Bantal lateks juga dapat membantu menyejajarkan keselarasan punggung dan leher, karena mereka sering berkontur untuk dukungan leher.

Wol / kapas: Wol dan katun bantal hypoallergenic mampu melawan jamur dan tungau debu. Keduanya juga cenderung cukup kuat.

Bulu: Para ahli kesehatan banyak merekomendasikan bahwa jenis bantal ini sebagai salah satu bantal terbaik untuk istirahat malam yang baik. Selain lembut, bantal ini juga cukup kuat dan juga mampu memberikan kenyamanan dalam menyangga bagian yang anda butuhkan.

Bagi anda yang menghindari alergi, penggunaan bantal bulu bisa dikatakan aman karena, beberapa studi telah menunjukkan bahwa mereka tidak menimbulkan risiko yang lebih besar dari pada bantal sintetik, dan pada kenyataannya, bantal ini lebih baik untuk anda gunakan. Tapi jika Anda alergi dan memilih untuk tidak mengambil resiko, bantal sintetis bisa menjadi pilihan bagi anda sebagai Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik bagi anda.

Banyak bantal dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik, termasuk hot flashes, sakit kepala, dan sakit leher. Tapi bantal tersebut tentunya bisa sangat mahal, dan perlu anda ketahui bahwa ada sedikit penelitian klinis yang tersedia tentang seberapa baik mereka bekerja.

Berikut ini ada beberapa jenis pilihan bantal yang bisa anda gunakan beserta penjabarannya :

Bantal Serviks : Tersedia dalam berbagai bahan dan bentuk, bantal ini mempunyai bantalan ekstra di bagian bawah bantal untuk mendukung leher. 

Bantal air : Jenis bantal ini banyak disukai oleh beberapa terapis fisik dan ahli tulang.

Bantal Cool: Dipuji sebagai penangkal hot flashes dan berkeringat di malam hari, bantal ini berisi manik-manik kecil yang menyerap dan mengurangi panas di kepala.

Bantal Oksigen : Teknologi bantal ini didasarkan pada studi dari kain kaus kaki yang membantu meningkatkan sirkulasi pada pasien diabetes. Bantal ini menggunakan teknologi yang sama untuk meningkatkan kandungan oksigen dalam pembuluh darah kecil hingga 29%. Beberapa orang bahkan melaporkan penurunan nyeri setelah menggunakan bantal ini.

Bantal Anti Mendengkur : Ada penelitian yang terbatas menunjukkan bahwa setiap desain bantal tertentu mempengaruhi mendengkur. Selain penggunaan bantal ini, untuk mengurangi genguan mendengkur bisa juga dengan merubah posisi tidur anda seperti penjelasan pada posting Tips sehat : Cara Mengurangi Agar Tidak Lagi Mendengkur.

Nah, itulah tadi tips kesehatan kali ini yang mengulas tentang Cara Meningkatkan kualitas Tidur Yang Baik yang bisa kenzoo bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga sedikit tips ini bermanfaat bagi anda.

0 comments em “Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Yang Baik”

Post a Comment