Warung Bebas

Sunday, June 3, 2012

6 Manfaat Mandi Dengan Air Dingin

6 Manfaat Mandi Dengan Air Dingin
6 Manfaat Mandi Dengan Air Dingin - Banyak yang memilih mandi dengan air hangat di pagi hari karena merasa kedinginan. Namun dibalik semua itu, Mandi dengan air dingin ternyata mempunyai beberapa manfaat buat kesehatan selain lebih menyegarkan. Jika dalam tips kesehatan sebelumnya kenzoo bagikan tentang 3 Hal kunci Penyebab Kelelahan, Maka posting kali ini kenzoo bagikan manfaat mandi dengan air dingin yang salah satunya bisa menghilangkan kelelahan tersebut.

Mandi air dingin akan mendinginkan pikiran Anda di pagi hari atau setelah seharian bekerja keras di kota yang panas. Selain itu, air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme, mencegah cedera pasca olahraga dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Tak hanya itu, ada beberapa manfaat lain dari kebiasaan mandi dengan air dingin :

1. Kesuburan pria
Perlu diketahui bahwa panas tidak baik untuk testis pria, yang artinya dapat berpotensi menurunkan jumlah sperma. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, saatnya untuk mandi di air dingin.

2. Meningkatkan sirkulasi darah untuk menghilangkan racun
Air dingin dapat mengurangi sirkulasi darah saat pertama kali kontak dengan permukaan kulit. Tetapi pada saat yang sama otomatis mekanisme tubuh meningkatkan tekanan darah dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan darah beredar dengan dorongan ekstra, maka darah mengalir dengan semangat meningkatkan sirkulasi.

3. Meningkatkan metabolisme
Ketika Anda kedinginan tentu ingin menggunakan jaket. Begitu pula saat tubuh Anda dingin secara otomatis menghasilkan panas, membuat metabolisme bekerja lebih cepat. Saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat Anda hangat.

4. Membangun kekebalan tubuh
Mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya meningkatkan panas tubuh. Oleh karena itu, mandi air dingin dapat menyegarkan sistem kekebalan tubuh dan melepaskan sel darah putih.

5. Menghindari cedera olahraga
Setelah berolahraga dan melatih otot, tubuh mulai meradang dan Anda butuh bersantai. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat otot biasanya akan melebar dan berkontraksi, sehingga disarankan untuk mandi air dingin agar tidak menimbulkan cedera. Baca : Cara Menghindari Kejang otot atau Kram

6. Mengurangi nyeri
Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan kulit edema, menyembuhkan dan mengatur sistem saraf otonomik.

Nah, itulah tadi tips kesehatan pada posting kali ini tentang 6 Manfaat Mandi Dingin Air Dingin yang bisa kenzoo share pada para sahabat. Semoga bisa bermanfaat.

0 comments em “6 Manfaat Mandi Dengan Air Dingin”

Post a Comment