Warung Bebas

Tuesday, February 14, 2012

Terbaru dari Xperia Pro, Ponsel Android dengan "Keyboard Slider"

Sony Ericsson Xperia Pro

Sebagian besar smartphone Android yang beredar di pasaran tidak dibekali dengan keyboard fisik. Jika ada smartphone Android dengan tambahan keyboard fisik, tentu akan menjadi nilai tambah.
 
Pada akhir 2011 lalu, Sony Ericsson resmi memasarkan Xperia Pro di Indonesia. Smartphone ini dibekali dengan keyboard fisik QWERTY slide, yang akan mempermudah penggunanya dalam berbalas pesan atau e-mail.
 
Penggunaan kata Pro di belakangnya, tentu ditujukan untuk kalangan profesional dan bisnis. Seberapa profesional dan sejauh mana smartphone ini mendukung kegiatan bisnis? Simak review Kompas.com berikut ini.
 
Paket Pembelian
Dalam paket pembelian, terdapat 1 unit Xperia Pro, baterai, earphone, kabel konektor HDMI, kabel data MicroUSB, MicroSD 8GB, charger, dan buku panduan.
Paket Pembelian Sony Ericsson Xperia Pro
 
Desain
Xperia Pro memiliki layar berukuran 3,7 inci, dengan dimensi panjang dan lebarnya 120 x 57 mm, serta berat 140 gram. Sedangkan ketebalannya hanya 13,5 mm. Untuk sebuah smartphone yang memiliki keyboard sliding, ketebalan itu masih terbilang wajar.
Sony Ericsson Xperia Pro (2)
 
Xperia Pro tersedia dalam pilihan warna hitam, silver, dan merah, yang terbuat dari materi plastik glossy. Dilihat sekilas, desain Xperia Pro terkesan mewah karena ada unsur stainless steel yang melingkari sisi samping.
Tombol, slot, dan port
Seperti smartphone Android pada umumnya, di bawah layar tersedia tombol fisik Back, Home, dan Menu.
 
Di sisi samping kanan, terdapat tombol pengatur volume, port MicroHDMI, dan tombol capture foto. Di sisi samping kiri, terdapat tombol power dan jack 3.5 mm. Sedangkan di sisi atasnya terdapat port untuk menancapkan charger dan kabel data.
Slot SIM card dan memori MicroSD berada di bagian dalam, tertutup panel belakang. Jika ingin menancap atau melepas memori MicroSD, pengguna harus membuka panel belakang terlebih dahulu, lalu melepas baterai. Karena slot MicroSD-nya terhalang oleh baterai.
Bagian Dalam Sony Ericsson Xperia Pro saat Panel Belakang Dibuka
Layar
Xperia Pro memiliki layar 3,7 inci beresolusi 480 x 854 piksel. Xperia Pro menggunakan teknologi Mobile Bravia Engine yang diadopsi dari teknologi televisi Sony seri Bravia. Dengan teknologi ini, tampilan tombol dan widget pada Xperia Pro terlihat lebih tajam dan jelas.
 
Layar sentuh full capacitive pada Xperia Pro sangat responsif, bisa digunakan untuk navigasi multi-touch, yakni scrolling, swipe, tab, dan pinch.
 
Keyboard
Keyboard QWERTY lumayan empuk. Tombol satu dengan yang lainnya terpisah, dan jaraknya tidak terlalu berdempetan. Meski tombol-tombol itu didesain datar (tidak cembung), namun cukup nyaman untuk dipakai mengetik cepat.
Keyboard QWERTY Slide Sony Ericsson Xperia Pro Kamera
Kamera belakang 8MP dengan LED Flash pada Xperia Pro dapat menghasilkan foto yang sangat baik, dan bisa diatur dalam resolusi 4:3 dan 16:9. Kamera juga sudah dilengkapi dengan sensor Exmor R, yang menjadi sensor untuk menangkap gambar yang kekurangan cahaya.
 
Berikut hasil foto kamera Xperia Pro:
Foto di luar ruangan
Hasil Foto dari Kamera Sony Ericsson Xperia Pro - Luar Ruangan
Foto di dalam ruangan yang kurang cahaya
Hasil Foto dari Kamera Sony Ericsson Xperia Pro - Dalam Ruangan yang Kekurangan Cahaya
Foto di dalam ruangan dengan pencahayaan cukup
Hasil Foto dari Kamera Sony Ericsson Xperia Pro - Dalam Ruangan dengan Cahaya Cukup
 
Foto dengan modus malam
Hasil Foto dari Kamera Sony Ericsson Xperia Pro - Modus Malam
 
Salah satu keunggulan dari kamera Xperia Pro, terdapat fitur mode pengambilan panorama dan 3D sweep panorama. Sayangnya, untuk melihat hasil dari fitur 3D sweep panorama ini, Anda harus mengoneksikannya ke TV yang sudah menggunakan teknologi 3D melalui kabel HDMI.
 
Untuk merekam video, kemampuan Xperia Pro cukup baik karena telah mendukung high definiton (HD) 720 piksel. Sayangnya, kamera depan masih beresolusi VGA.
 
Multimedia
Percobaan multimedia yang pertama kali dilakukan Kompas.com adalah bermain game. Dipilihlah game yang tergolong populer, yakni Angry Birds dan Fruit Ninja. Tidak ada lag saat memainkan kedua game ini.
 
Memutar video: Xperia Pro mendukung file video dengan format 3GP, MP4 dan WMV. Bagaimana dengan format video yang lain? Untuk mencoba ketangguhan Xperia Pro dalam memutar video, Kompas.com menggunakan aplikasi MX Video Player, dan tidak menggunakan codec.

Hasilnya, Xperia Pro mampu menjalankan format video .FLV dan AVI dengan lancar. Ketika memutar film berformat .MKV (700MB dengan durasi 2 jam), smartphone ini juga mampu menjalankan dengan lancar.
 
Kemampuan memutar video ini tidak lepas dari dukungan prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1GHz dan teknologi Mobile Bravia Engine.
 
Kualitas suara: Suara musik yang keluar dengan loud speaker cukup baik. Namun, unsur bass yang keluar kurang terasa. Kualitas earphone bawaan Xperia Pro juga kurang memberi sensasi bass yang 'nendang.'
 
Fitur & aplikasi perkantoran
Karena Xperia Pro ditujukan untuk kalangan profesional dan pebisnis, maka Sony Ericsson telah menyediakan aplikasi OfficeSuite Pro secara cuma-cuma, di mana pengguna dapat membuka dan membuat dokumen Word, Excel, dan Power Point.
 
Jika Anda berkunjung ke toko aplikasi Android Market, OfficeSuite Pro ini dibanderol dengan harga 9,99 dollar AS atau sekitar Rp 90 ribu.
 
Untuk mendukung aktivitas bisnis lainnya, Xperia Pro juga telah dilengkapi dengan teknologi smart keyboard. Jika pengguna sedang membaca e-mail, kemudian slide keyboard dibuka, akan muncul tawaran untuk membalas e-mail.
 
Untuk mencegah virus yang bisa menginfeksi dokumen, sudah ada aplikasi bawaan antivirus McAfee Security.
 
Kesimpulan

Kelebihan:
- Keyboard QWERTY slide
- Sudah tersedia aplikasi OfficeSuite Pro yang mendukung kegiatan perkantoran & bisnis
- Port MicroHDMI
- Teknologi mobile Bravia Engine membuat layar lebih tajam dan jelas, sehingga mendukung multimedia
- Kualitas kamera yang baik
- Memori MicroSD 8GB (support 32GB)
 
Kekurangan
- Untuk memasukan atau melepas memori MicroSD, harus membuka panel belakang, lalu melepas baterai.
 
Spesifikasi
- Prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1 GHz
- Layar 3,7 inci beresolusi 480 x 854 piksel dengan teknologi Mobile Bravia Engine
- OS Android 2.3 Gingerbread
- Kamera 8MP dengan LED Flash dan sensor Exmor R
- Kamera depan VGA
- Keyboard QWERTY slide
- Memori internal 320MB
- Memori external MicroSD 8GB (support 32GB)
- Port MicroHDMI
- Dimensi 120 x 57 x 13.5 mm, berat 142 gram
- Bluetooth, Wi-Fi, 3G, HSDPA
- Baterai Li-Po 1500mAh
- Harga Rp 3.499.000

0 comments em “Terbaru dari Xperia Pro, Ponsel Android dengan "Keyboard Slider"”

Post a Comment